PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN RUANG LINGKUPNYA
TUGAS RESUME (I)
BAB 1 PENDIDIKAN KELAS A
BAB 1 PENDIDIKAN KELAS A
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN DAN RUANG LINGKUPNYA
Pengajaran adalah proses pendidikan yang
sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang
untuk mempermudah proses pembelajaran. Pembelajaran juga merupakan proses
interaksi antara peserta didik dengan pendidik.
·
Latar Belakang Historis
Ada beberapa perintis bidang psikologi pendidikan,
diantaranya adalah :
1. William James ( psikologi untuk mendidik anak)
James mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium
sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita bagaimana cara mengajar anak
secara efektif. Dia menegaskan pentingnya mempelajari proses belajar dan
mengajar di kelas guna meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu adalah mulai
mengajar pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan dan
pemahaman anak dengan tujuan untuk memperluas cakrawala pemikiran anak.
2. John Dewey,(1859-1952).
Dia menjadi motor penggerak untuk mengaplikasikan psikologi
di tingkat praktis. Dewey membangun laboratorium psikologi pendidikan pertama
di AS, di Universitas Chicago, pada tahun 1894. Remudian, di Columbia
University, dia melanjutkan karya inovatifnya tersebut. Pertama, dari Dewey
kita mendapatkan pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif(active
learner) Kedua, mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada
anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak asi dengan lingkungannya,
Dewey percaya bahwa anak-anak seharusnya tidak hanya mendapat pelajaran
akademik saja, tetapi juga harus diajari cara untuk berpikir dan beradaptasi
dengan dunia di luar sekolah,
3. E. L Thorndike(1874-1949),
Yang memberi banyak perhatian pada penilaian dan pengukuran
dan perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah Thorndike berpendapat bahwa
salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan
keahlian penalaran anak. Thorndike sangat ahli dalam melakukan studi belajar
dan mengajar secara ilmiah(Beatty, 1998). Thorndike mengajukan gagasan bahwa
psikologi pendidikan harus punya basis ilmiah dan harus berfokus pada
pengukuran(oDonnell& Levin, 2001)
·
Diversitas dan psikologi Pendidikan Awal
Dua tokoh Amerika keturunan Afrika -Amerika
yang menonjol di bidang psikologi adalah Mamie dan Kenneth clark, yang
melakukan riset tentang identitas dan konsep diri anak-anak Afrika
Amerika(Clark& lark, 1939. Pada 1971, Kenneth Clark menjadi orang Afrika
Amerika pertama yang menjadi presiden American Psychological Association Pada
1932, seorang psikolog dan negara Latin, George Sanchez melakukan yang
menunjukkan bahwa tes kecerdasan secara kultural telah dibiaskan dan merugikan
anak-anak etnis minoritas. Seperti minoritas etnis lainnya, perempuan juga
menghadapi rintangan untuk lebih tinggi dan karenanya mereka lambat dalam
mendapat pendidikan yang mendapatkan pengakuan atas kontribusi mereka terhadap
riset psikologis. Salah satu orang yang sering diabaikan dalam sejarah
psikologi pendidikan adalah leta ia orang pertama yang menggunakan is gifted
untuk mendeskripsikan anak-anak yang mendapat skor istimewa dalarn tes
kecerdasan(Hollingworth, 1916).
CARA MENGAJAR YANG EFEKTIF
Untuk mencapai sebuah pengajaran yang efektif seorang guru harus
menguasai beragam perspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikannya
secara fleksibel. Hal ini membutuhkan dua hal utama: (1) pengetahuan dan
keahlian profesional, dan(2) komitmen dan motivasi.
1. Pengetahuan dan Keahlian Profesional
Adapun
ciri-cirinya adalah :
·
Penguasaan materi dalam kelas
·
Strategi pengajaran
·
Penetapan tujuan keahlian manajemen kelas
·
Keahlian motivasional
·
Keahlian komunikasi
·
Keahlian manajemen kelas
·
Bekerja secara efektif dengan murid dari berbagai latar
belakang kultural
·
Keahlian teknologi
2.
Komitmen dan Motivasi
Komitmen
dan motivasional oleh guru akan membantu guru untuk melewati masa-masa yang
sulit dan melelahkan dalam mengajar. Guru yang efektif juga akan memiliki
kepercayaan terhadap kemampuannya dan tidak membiarkan emosi negatif mereka
melunturkan motivasi mereka.
RISET DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Dalam
perencanaan riset sebenarnya riset memiliki keuntungan dalam prosesnya. Salah
satunya adalah riset bisa menjadi sumber informasi berharga untuk memahami strategi
bahan ajar. Mengapa riset penting dan bagaimana riset dilakukan, termasuk cara
agar Anda dapat menjadi guru sekaligus periset. Mengapa Riset Itu Penting?
Kadang-kadang dikatakan bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik. Anda dan
pengalaman orang lain, pengalaman administrator, dan para periset bisa membuat anda
menjadi guru yang efektif. Akan tetapi, selain itu, riset informasi yang valid
tentang cara terbaik untuk mengajar bisa membuat anda menjadi guru yang lebih
baik (Fraenkel& Wallen, 2000).
Adapun perbedaan antara psikologi
pendidikan dan psikologi sekolah adalah :
Psikologi
pendidikan cenderung pada konten psikologi belajar , pengukuran dan
pengembangan tes prestasi.
Psikologi
sekolah berkonsentrasi pada kegiatan mediagnostik dalam permasalahan di
lingkungan sekolah
Komentar
Posting Komentar